Mau hunian kita tetap fresh? ini solusinya!!

Sirkulasi udara yang baik pasti menghasilkan udara yang bersih dan sehat bagi penggunanya. Kali ini serbahunian.blogspot.com akan mencoba memaparkan langkah - langkah yang dapat sobat sobat lakukan di hunian sobat agar sirkulasi udara tetap terjaga bersih. Karena jika udara sehat ada di hunian sobat maka penghuninya pun jadi sehat bukan?
Oke ini langkah - langkahnya :
ilustrasi sirkulasi udara
Ilustrasi sirkulasi udara
                                       
  • Jendela hunian sobat. Ya yang pasti ukuran jendela mempengaruhi sirkulasi udara yang bakal masuk itu banyak atau sedikit. Semakin lebar dan tinggi jendelanya maka perpindahan panas akan semakin cepat terjadi karena banyaknya volume udara yang masuk ke dalam ruangan. Tentu saja kalau dibuka ya sobat jendelanya hehe. Kalau pake AC mah harus ditutup. Percuma kalo udah pakai AC terus di buka jendelanya.
  • Peralatan Pendingin seperti AC / kipas Angin. Tentu saja elektronik ini wajib ada di Indonesia khususnya karena iklim tropis yang suangatttt panas dan sumuk. Bisa sauna kan kalau di hunian sobat ngga ada benda benda tersebut. Masa mau buka baju setiap saat sih hehehe. Oh iya kalau pakai AC atau Kipas Angin rajin rajinlah sobat membersihkan filter AC / Blade kipas yang biasanya terkena debu, sehingga sirkulasi udara yang terjadi dipastikan bersih. Dan jangan lupa nih bagi sobat yang menggunakan AC, tutup pintu - pintu ruangan di hunian sobat agar kerja AC dapat maksimal. Karena semakin besar luas kerja AC maka akan semakin besar distribusi pendinginannya.
  • Kalau perlu sobat bisa pasang exhaust fan. Ya alat ini bisa membuat sirkulasi udara makin baik. Sobat bisa pasang exhaust fan di lokasi yang menurut sobat membutuhkan sirkulasi udara yang tinggi seperti di toilet/kamar mandi.
  • Ventilasi. Dan ini yang paling penting, ventilasi bukan pentilasi lhoo ya sobat.. Iya ini wajib di setiap hunian sobat. Ada banyak model dan tipe ventilasi udara hunian saat ini. Gunakanlah model yang elegan namun tidak menghalangi adanya udara masuk ya sobat. Kalau sobat memakai jaring jaring untuk mencegah masuknya nyamuk, bersihkan secara berkala agar kotoran dan debu tidak menghalangi masuknya udara. Karena kalau debu masuk ke pernapasan manusia secara terus menerus, ga baik juga kan sobat? Makanya rajin bersih bersih ya!
Itulah sedikit tips dari serbahunian.blogspot.com tentang cara memaksimalkan sirkulasi udara di hunian kita agar tetap fresh dan sehat. Jika sobat punya masukan, mengkritik, dan memiliki opini yang berbeda, serbahunia.blogspot.com sangat terbuka untuk berdiskusi dengan sobat - sobat semua. Maka dari itu, komentar - komentar sobat yang membangun siap kami terima. 
Regards,

serbahunian.blogspot.com
( hunian ku istana ku )

Share artikel ini jika sobat suka dengan isi artikelnya. Klik ikon media sosial dibawah ini buat ngeshare, Sob.

No comments:

Post a Comment